Selasa, 12 Februari 2013

Adab dalam menerima tamu

Assalamua'laikum .....

langsung to the point aja, terkadang kita sering menerima tamu, baik tamu sendiri maupun tamu orang tua. Nah sekarang bagaimana cara menerima tamu dengan benar?Dalam islam telah diberikan tata cara menerima tamu dengan baik dan benar, sebagai berikt :

  1. Sebagai tuan rumah kita berpakaian dengan pantas dan rapih, karena pakaian menunjukkan pribadi kita dan juga menghormati tamu dan diri kita. Islam menghargai kepada seorang yang rapi dan sopan, Rasulullah SAW. bersabda yang artinya : "makan dan minumlah kamu, bersedekah kamu dan berpakaianlah kamu, tetapi tidak dengan sombong dan berlebih-lebihan. sesungguhnya allah sangat senang melihat bekas nikmatnya pada hambanya" (H.R BAIHAQI)

  2. Menerima tamu dengan sikap yang baik, ramah, dan senyum yang tulus, jangan sampai acuh, apalagi memalingkan muka dan tidak mau melihat/memandang tamunya secara wajar.

  3. menjamu tamu sesuai dengan kemampuan, maksudnya jangan terlalu memaksakan diri dengan membeli makanan-makanan yang sangat mahal. harus sesuai dengan kantong.

  4. Lama waktu bertamu ditentukan oleh tamu, karena tuan rumah tidak boleh mengusir tamunya itu adalah perilaku yang tidak sopan, kecuali tuan rumah mempunyai urusan yang lain, maka tuan rumah meminta izin kepada tamunya untuk menyuruh tamunya untuk pulang.

  5. Keika tamu hendak pulang maka hendaknya kita mengantarkannya ke pinyu halaman depan. menyenangkan tamu adalah hal yang terpuji.

  6. Khusus untuk wanita, apabila keadaan sedang sepi lalu kemudian ada seorang tamu laki-laki maka hendaknya jangan di dalam rumah, melainkan mengobrol atau menemuinya di luar halaman/rumah saja agar tidak timbul hal yang negatif.

Hikmah dan tujuan menerima tamu yaitu mempererat tali silaturahmi dan semangat kebersamaan antara sesama manusia

sekian penjelaasn dari saya apabila ada kurang lebihnya mohon dinikmati saja, dan bagi yang ingin bertanya silahkan koment di bawah.. *jangan lupan untuk menjadi reader aktif yang selalu tinggalkan koment.. wassalamua'laikum :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar